Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran IPS Kelas IV di MI Muhammadiyah Trimulto

Qulub, Faqih Tatmainul (2022) Strategi Pembelajaran IPS Kelas IV di MI Muhammadiyah Trimulto. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi FAQIH PENGESAHAN PDF - faqih tatmainul qulub.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Dalam suatu proses kegiatan pembelajaran tentu semua guru sangat menginginkan peserta didik dapat aktif dalam proses belajar di dalam kelas. Namun terkadang tidak semua peserta didik mampu menerima setiap pembelajaran dengan baik.
Maka dari itu guru memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu tingkat aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran sangat berfariasi, ada yang aktif disetiap proses pembelajaran aja juga yang pasif. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis aktivitas belajar siswa dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV MI Muhammadiyah Trimulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Subjek berasal dari kelas IV MI Muhammadiyah Trimulyo.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sangat berpengaruh dengan proses pembelajaran. Dapat dilihat dari nilai mereka sebagian dari nilai yang mereka dapat merupakan aktivitas belajar siswa dalam setiap proses pembelajaran yang sudah berlangsung. Umumnya mereka lebih banyak mendapat nilai dari point yang di dapat karena aktifnya mereka di dalam kelas
dan saat guru memberikan soal kepada siswa dan bisa langsung mereka jawab maka point nilai juga bisa di dapatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:10
Last Modified: 24 Jun 2024 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9564

Actions (login required)

View Item View Item