Saputra, Muhamad Hadi (2024) Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Wadiah Di BPRS Metro Madani Kc Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Muhamad Hadi Saputra_1903021052.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Metro Madani KC Tulang Bawang Barat merupakan salah satu BPRS yang melakukan kegiatan penghimpunan dana berupa produk tabungan wadiah. Guna meningkatkan jumlah
nasabah pada produk tabungan wadiah, BPRS dalam hal ini menerapkan strategi pemasaran dengan mengunakan marketing mix.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dan diperkaya dengan data kepustakaan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif analisis sumber data yaitu primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif menjelaskan data dengan kata-kata atau narasi.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk tabungan yang dilakukan BPRS Metro Madani KC Tulang Bawang Barat dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu mengunakan Segementasi, Targeting, dan Positioning. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yaitu terdiri atas 7P yaitu strategi product (produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Process (proses), dan Physical Evidence (Bukti Fisik) dan strategi jemput bola.
Keyword: Strategi Marketing, Marketing Mix, Wadiah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:48 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9569 |
Actions (login required)
View Item |