Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam di Reli Butik Kota Metro

Kurniawan, Muhammad (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam di Reli Butik Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
MUHAMMAD KURNIAWAN_1804041106.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya butik di Kota Metro membuat Reli Butik harus bisa mempertahankan perusahaannya dari para pesaing. Perusahaan Reli Butik yang berada di Jl. Tawes Kec. Metro Timur Kota Metro Lampung. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui kebijakan penentuan harga, kebijakan pemilihan produk, kebijakan penentuan promosi yang paling efektif dan efisien, kebijakan pemilihan saluran distribusi yang paling tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Untuk menganalisis strategi pemasaran Reli Butik Kota Metro dalam meningkatkan penjualan dan untuk menganalisis strategi pemasaran Reli Butik Kota Metro dalam meningkatkan penjualan perspektif etika bisnis Islam.

Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah yaitu penelitian lapangan atau field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara dalam penelitian ini menggunakan interview bebas terpimpin. Sumber data diambil dari berbagai informan diantaranya pemilik dan konsumen Reli Butik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada strategi pemasaran Reli Butik
Kota Metro dalam meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan strategi dalam bauran pemasran yang meliputi: Strategi produk yakni dengan desain pakaian di desain sendiri dan pakaian jadi dengan mengikuti trand fashion saat ini dan menetapkan harga standar seperti butik pada umumnya, namun dengan kualitas yang baik. Strategi Tempat yang strategis, di tengah-tengah kota Metro. Strategi promosi pada Reli Butik dilakukan secara online dan offline. Promosi secara online dilakukan dengan menggunakan facebook, instagram, dan whatsapp Strategi pemasaran Reli Butik Kota Metro dalam meningkatkan penjualan sesuai dengan etika bisnis Islam dengan menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam diantaranya Keesaan (Unity/Persatuan), Keseimbangan (Equilibrium), Kehendak Bebas (Free Will), Tanggungjawab (Responsibility) dan Kebajikan (Benelovence).
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Butik, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:08
Last Modified: 03 Jul 2024 07:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item View Item