Suzana, . (2024) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN 2 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SUZANA.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya variasi dalam penggunaan metode pembelajaran sebagai sarana dalam menjelaskan materi pada pelajaran Tema 2 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 3 ”Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” yang menyebabkan siswa dominan tidak aktif saat pembelajaran berlangsung sehingga materi yang diajarkan sulit dimengerti oleh siswa. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi pada pelajaran Tema 2 “Daerah Tempat Tinggalku” Subtema 3 ”Keunikan Daerah Tempat Tinggalku” kelas IV di SDN 2 Metro Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai pelaksanaan dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Data tes hasil dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dianalisis dengan cara membandingkan skor tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi selama dua siklus sudah menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata- rata Persentase tingkat ketuntasan yaitu 16,66% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata- rata 33,93% meningkat pada siklus II yaitu 69,58%. (3) Aktivitas guru pada siklus I rata- rata yaitu 81,81 % dan meningkat pada siklus II yaitu 92,41%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak sangat baik untuk diterapkan di SD N 2 Metro Utara karena dapat meningkatkan hasil peserta didik.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9575 |
Actions (login required)
View Item |