Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019

Wardani, Suci Kurnia (2019) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SUCI KURNIA WARDANI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvey yang telahdilakukan di SMA Negeri 1 Abung Selatan dan menurut keterangan dari bapak Tono Rahmadi pada tanggal 31 oktober 2018 yang diperoleh hasil belajar yang dicapai siswa SMA Negeri 1 Abung Selatan belum mencapai hasil yang optimal, karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang disepakati pihak SMA Negeri 1 Abung Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMA Negeri 1 Abung Selatan Siswa dikatakan tuntas jika memiliki nilai ≥ 75, dari data tersebut dapat dilihat bahwa dari 23 Siswa hanya 10 Siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM) dan 13 Siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal(KKM). Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan “penelitian kuantitatif sesuai dengan namanya, banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap datatersebut, serta penampilan dari hasil”. Kemudian penelitian juga dilakukan terjun langsung di lapangan yaitu di SMA Negeri 1 Abung Selatan.

Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metodetes digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar menggunakan LKS. LKS digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa, peneliti akan menggunakan LKS yang ada disekolah dengan materi sesuai pokok bahasan dan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan Penelitian yang dilakukan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan lembar kerjasiswa (LKS) terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri1 Abung Selatan, ini dapat dilihat dari perhitungan analisis Person Product Moment yang kemudian dihitung dengan uji t. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh harga thitung= 3,0938 dan ttabel = 2,0141 dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa thitung (3,0938) ≠ ttabel(2,0141). Rata-rata hasil belajar dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) pada siswa kelas XI IPS 1 semester genap SMA Negeri 1 Abung SelatanTahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji hipotesis hasil belajar peserta didik yaitu uji perbedaan dua rata-rata dimana thitung= 3,0938 dan ttabel= 2,0141 dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa thitung (3,0938) > ttabel (2,0141). Sehingga rata-rata hasil belajar pendidikan agama islam kelas XI IPS 1 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar pendidikan agama islam kelas XI 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:41
Last Modified: 16 Jan 2020 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item