Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Usaha Aksesoris dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan (Studi Kasus Toko Aksesoris Gani di Pertokoan Sukadamai Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan)

Oktavia, Mia (2022) Strategi Pemasaran Usaha Aksesoris dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan (Studi Kasus Toko Aksesoris Gani di Pertokoan Sukadamai Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MIA OKTAVIA - 1804041102 - Mia Oktavia.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Penerapan strategi pemasaran yang baik tentu dapat meningkatkan penjualan, karena produk tidak akan dikenal banyak orang dan dibeli oleh banyak orang apabila dalam
pemasarannya kurang maksimal. Keberadaan suatu usaha tentunya diharapkan dapat memberi kontribusi yang cukup baik terhadap kesejahteraan, baik itu pengusaha maupun karyawannya. Jenis usaha yang saat ini banyak digemari oleh
para pengusaha salah satunya yaitu usaha penjualan aksesoris. Salah satu tempat yang menjual usaha aksesoris di Komplek Pertokoan Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan adalah Toko Aksesoris Gani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan Toko Aksesoris Gani. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran Toko Aksesoris Gani dalam meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan yang disesuaikan dengan
kebutuhan dan mengacu pada prinsip 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Dari segi promosi dilakukan dengan memanfaatkan media sosial berupa instagram dan WhatsApp. Dari segi harga, produk-produk di Toko Aksesoris Gani cenderung dijual dengan harga yang
bersaing dengan toko aksesoris lainnya. Dari segi lokasi, Toko Aksesoris Gani terletak di tempat yang sangat strategis dan memiliki lahan parkir yang luas. Kemudian dari segi produk, Toko Gani selalu menjual produk berkualitas, sehingga pelanggan merasa puas dan tidak ragu untuk kembali membeli produk yang ditawarkan. Meskipun strategi pemasaran yang dilakukan sudah baik, namun strategi pemasaran yang dilakukan tidak ada kaitannya dengan kesejahteraan karyawan. Berdasarkan sudut pandang karyawan, gaji yang diterima dirasa belum mencukupi kebutuhan karyawan. Hal tersebut karena gaji tersebut terlalu jauh dibandingkan UMR di Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 17 May 2024 02:41
Last Modified: 17 May 2024 02:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item