Novianti, Uci (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Di SD N 3 Adipuro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
UCI NOVIANTI 2001030036.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SD N 3 Adipuro, yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh masih jauh dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu < 60 . Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPA yaitu suasana kelas terlihat tidak kondusif, selain itu kurangnya kemandirian siswa dalam mengemukakan pendapat, rendahnya rasa percaya diri dalam diri siswa, sumber belajar tang masih terbatas, serta pendidik masih kurang dalam menggunakan media pembelajaran dan belum menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 3 Adipuro? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 3 Adipuro pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 3 Adipuro, sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya pada siklus I adalah 53% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 26% menjadi 79%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:43 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9582 |
Actions (login required)
View Item |