Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas 1 SDN 3 Bumiemas

Lestari, Lili Sri (2022) Analisis Faktor-faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas 1 SDN 3 Bumiemas. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Lili Sri Lestari ok.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna. Motivasi itu mudah menjalar atau tersebar terhadap orang lain. Guru yang berminat tinggi dan antusias akan menghasilkan siswa yang juga berminat tinggi antusias, pengajaran membaca permulaan yaitu tujuan pendidikan, siswa, guru, perencanaan pengajaran dan evaluasi pengajaran, Pengajaran membaca permulaan belum dimanfaatkan dengan baik. Strategi mengajar yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca permulaan pun belum sesuai dengan kemampuan siswa. Sebagai guru yang berperan untuk menanamkan kemampuan membaca pada diri siswa harus mengetahui pada bagian mana letak pada membaca permulaan, karena kesulitan yang dialami siswa bermacam-macam dan satu siswa kemungkinan akan mengalami kesulitan yang berbeda dengan siswa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika kemampuan kesulitan membaca permulaan dan motivasi belajar yang dialami siswa kelas I SDN 3 Bumiemas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Bumiemas.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh Peneliti yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan dan motivasi belajar pada siswa kelas satu di SDN 3 Bumiemas Lampung Timur, yaitu sebagai berikut. Faktor intelegensi, yaitu tidak semua siswa yang memiliki intelegensi tinggi juga memiliki kemampuan membaca yang baik. Faktor lingkungan, baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolahnya. Jika lingkungan teman-temannya rajin membaca, mereka juga akan terpengaruh untuk rajin membaca. Faktor psikologis yang mencakup motivasi, emosi, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 17 May 2024 02:44
Last Modified: 17 May 2024 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item