Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDn Sidowaras

Bela, Yuan Devina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDn Sidowaras. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
YUAN DEVINA BELA (2001030039).pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SDN Sidowaras khususnya kelas IV. Berdasarkan permasalahan dari hasil belajar siswa yang relatif rendah. Hal ini ditunjukkan adanya siswa yang merasa bosan saat proses pembelajaran dan pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru. Selain itu, pada saat pembelajaran berlangsung kondisi kelas kurang kondusif.

Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) adalah model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dimana siswa diberi nomor kepala agar dapat bekerja sama dan memberikan peran serta tanggungjawab untuk setiap kelompoknya dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Sidowaras.

Jenis peneltian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Goup Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sidowaras. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan postest) kemudian di uji analisis menggunakan uji normalitas, lalu dilanjutkan uji wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan perolehan perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxon dengan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan nilai antara hasil pretest dan postest sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Sidowaras, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan pada proses pembelajaran yang sesuai.
Kata kunci: Number Head Together (NHT), hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 May 2024 02:39
Last Modified: 17 May 2024 02:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item