Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran dalam Menarik Konsumen (Studi Pada Bisnis Photograpy Di Kota Metro)

Mayrista, Anita (2024) Strategi Pemasaran dalam Menarik Konsumen (Studi Pada Bisnis Photograpy Di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANITA MAYRISTA_1903010010.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan alat dari seluruh rangkaian kegiatan yang ada dalam bauran pemasaran, strategi pemasaran memberikan arah bagi perusahaan untuk mengendalikan semua aspek agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dalam istilah 7P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses). Semua aspek 7P telah diterapkan oleh Aditya Saputra Studio dan Mahkota Photography dalam menarik konsumen namun terdapat perbedaan di setiap bisnis studio dalam beberapa aspek pemasaran sehingga peneliti ingin menganalisis beberapa aspek yang mendasari kedua bisnis tersebut dalam menarik konsumennya.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain dokumentasi dan wawancara langsung kepada pemilik dan konsumen kedua bisnis photography tersebut. Adapun uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik pengujian konfirmability. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan melalui pengumpulan data dimana data primer dan data sekunder sudah terkumpul kemudian data disajikan dalam bentuk narasi yang kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai strategi pemasaran dalam menarik konsumen bisnis photography di Kota Metro bahwa Aditya Saputra Studio dan Mahkota Photography sudah menerapkan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran dalam menarik konsumen. Dalam penerapannya memiliki persamaan di aspek product (produk), place (tempat atau saluran distribusi), promotion (promosi), dan process (proses). Sedangkan dalam perbedaannya terdapat dalam aspek price (harga), people (orang), dan physical evidence (fasilitas fisik).
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Photography, Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 May 2024 02:39
Last Modified: 17 May 2024 02:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9591

Actions (login required)

View Item View Item