Aini, Nurul (2024) Penerapan Strategi Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SDN 1 Dente Makmur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NURUL AINI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Al-Qur’an sangat penting bagi kehidupan maka pengenalan sejak dini diperlukan supaya siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan dapat membiasakan dikehidupan sehari-hari. Namun, realita yang terjadi masih banyak siswa yang membaca Al-Qur'an belum lancar dan belum sesuai dengan prinsip tajwid, maka guru menggunakan strategi ekspositori. Strategi ini dapat membuat siswa belajar dan berinteraksi secara langsung dengan guru, oleh karena itu guru pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam membimbing kemampuan membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi ekspositori dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing kemampuan membaca Al-Qur'an di SDN 1 Dente Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas V SDN 1 Dente Makmur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian didapatkan informasi bahwa strategi yang diterapkan oleh Guru pendidikan agama Islam dalam membimbing kemampuan membaca Al- Qur’an siswa kelas V yaitu rutin mengadakan pembiasaan dipagi hari membaca surat-surat pendek sebelum pembelajaran; menerapkan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara langsung, dan selalu memotivasi siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi guru dalam membimbing kemampuan membaca Al- Qur'an yaitu: 1) faktor pendukung meliputi sarana yang baik, ruangan yang nyaman, fasilitas yang memadai, tersedianya buku dan Al-Qur’an bagi siswa, serta kerjasama yang baik antara guru dan kepala sekolah, 2) faktor penghambat, terdiri dua faktor yang meliputi faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, kurangnya motivasi dan adanya rasa malas dari siswa untuk belajar, selanjutnya faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga dan faktor dari lingkungan sepermainan.
Kata kunci : Strategi Ekspositori, Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:40 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9596 |
Actions (login required)
View Item |