Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran BPRS dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Tabungan Wadiah Pada Kantor Kas BPRS Aman Syariah Metro

Safitri, Lita (2024) Peran BPRS dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Tabungan Wadiah Pada Kantor Kas BPRS Aman Syariah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LITA SAFITRI_1903020026..pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Bank syariah dan UUS menawarkan berbagai produk dan layanan yang
kompetitif. Pertumbuhan tersebut didukung oleh peningkatan terhadap
kepercayaan masyarakat tentang pentingnya prinsip-prinsip syariah dan permintaan yang terus meningkat untuk produk dan layanan syariah. Kepercayaan nasabah terhadap industri perbankan nasional merupakan kunci utama dalam memelihara stabilitas sistem kinerja untuk menghindari terjadinya krisis moneter dan krisis globalagar tidak terulang kembali dan tetap stabil. Peningkatan kepercayaan nasabah dapat diperoleh dengan melalui perencanaan dalam segi pemasaran produk yang sudah dijamin LPS. Dengan adanya simpanan yang terjamin LPS diharapkan dapat memberikan rasa aman dan menumbuhkan kepercayaan nasabah pada sistem kinerja perbankan.Nasabah atau masyarakat masih minim pengetahuan terkait Bank Syariah dalam menjamin dana nasabah
yang sudah terjamin LPS.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran BPRS dalam meningkatkan kepercayaan nasabah tabungan wadiah pada BPRS Aman Syariah Metro.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitianini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Wawancara dan Dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai peran BPRS dalam meningkatkan kepercayaan nasabah yang dilakukan BPRS Aman Syariah dengan menggunakan metode strategi pemasaran perencanaan dan bauran pemasaran. Metode tersebut cukup baik dalam meningkatkan jumlah nasabah yang dimana pada tahun 2022 sejumlah 386 nasabah pada tahun 2023 mengalami peningkatan sejumlah 462 nasabah.
Kata Kunci: BPRS, Kepercayaan Nasabah dan Tabungan Wadiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 06 Jul 2024 13:45
Last Modified: 06 Jul 2024 13:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9598

Actions (login required)

View Item View Item