Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Marga Kaya

Lestari, Eka Yunita (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Marga Kaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI EKA YUNITA LESTARI FIKS - Eka Yunita Lestari.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran IPA. Adapun kegiatan pembelajaran yang di terapkan di SDN Marga Kaya menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu pembelajaran yang hanya terjadi satu arah dan berpusat pada guru. Sistem pembelajaran ini menjadikan siswa pasif dan kesulitan memahami materi yang abstrak. Memilih model pembelajaran yang menarik, yang dapat menciptakan suasana keaktifan siswa dan membuat pembelajaran berpusat pada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa tematik kelas V SDN Marga Kaya.

Jenis penelitian ini adalah quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Marga Kaya. Peneliti memakai teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian kemudian dianalisis dengan non-parametrik, sebelumya data tersebut diuji prasyarat dengan uji nornalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukan bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Marga Kaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji non-parametrik dengan taraf signifikansi (2 tailed) 0,002 < 0,05. Selain itu pengaruh model pembelajaran problem solving ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 87,125 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 78,33. Dengan demikian model pembelajaran problem solving ini berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Marga Kaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:46
Last Modified: 05 Sep 2024 03:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9601

Actions (login required)

View Item View Item