Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SBdP SD/MI Berbasis Budaya Lokal

Najib, Muhammad (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SBdP SD/MI Berbasis Budaya Lokal. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD NAJIB 1801052018_compressed - Muhammad Najib.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Budaya daerah merupakan jati diri dan identitas bangsa perlu diperkenalkan kepada generasi penerus bangsa. Budaya daerah memiliki banyak nilai luhur yang penting sebagai pegangan kehidupan sosial masyarakat khususnya generasi penerus bangsa. Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis budaya lokal merupakan alat bantu yang dapat mengenalkan budaya lokal pada peserta didik dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar. Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis budaya lokal diharapkan mampun untuk memenuhi karakteristik kurikulum 2013 yaitu meningkatkan kesetaraan antara perkembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD berbasis budaya lokal pada materi seni rupa peserta didik kelas III SD Nurul Huda Islamic School. jenis penelitian ini Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan wawancara, dokumentasi, angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan analisis kelayakan media, analisis respon guru dan peserta didik. Hasil penelitain dapat disimpulkan bahwa LKPD SBdP SD/MI berbasis budaya lokal sebagai media pembelajaran peserta didik kelas III sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase hasil validasi dan uji coba produk. Hasil persentase yang diperoleh masing-masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 98,3%, ahli materi sebesar 95%, respons guru sebesar 95%, respons peserta didik sebesar 97,6%, dan semua hasil termasuk kategori “Sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:19
Last Modified: 03 Jul 2024 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9604

Actions (login required)

View Item View Item