Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 2 Wonokarto

Pratiwi, Ayu Diningtyas (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 2 Wonokarto. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_AYU DININGTYAS PRATIWI (1801051013) - Ayu Diningtyas Pratiwi.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendanya hasil belajar matematika. Dan rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah model pembelajaran yang selama ini digunakan belum maksimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kelas V SDN 2 Wonokarto. Kondisi ini mengakibatkan peserta didik kurang percaya diri sehingga hasil belajar matematika masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 2 Wonokarto.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental desain Non equivalent Control Group. Populasi pada penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Wonokarto. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 27 peserta didik, dengan penjabaran 13 pesertadidik sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan 14 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran talking stick.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian kemudian dianalisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 2 Wonokarto. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung ( 7,33) > ttabel (2,66). Selain itu pengaruh model pembelajaran talking stick ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest kelompok kontrol = 45 dan kelompok eksperimen = 50,77. Sedangkan postest kelompok kontrol = 52,86 dan kelompok eksperimen = 80. Artinya nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran talking stick lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yamg menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:21
Last Modified: 21 Jun 2024 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item