Puspitasari, Veni (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas V MIS Nurul Falah Gedung Wani Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI VENI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian guru yang masih menggukan metode pembelajaran konvesional tanpa diselingi dengan model pembelajaran lain. Penggunakan metode ceramah secara terus-menerus dirasa kurang efektif yang dimana siswa kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ada maka diperlukan metode yang menarik supaya siswa lebih aktif sehingga hasil belajar siswa dapat tercukupi terutama pada mata pelajaran fiqih.
Berdasarkan latar belakang masalah peneliti mencari bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan cara menggunakan model pembelajaran make a match( mencari pasangan) pada kelas VA MIS Nurul Falah Gedung Wani Timur.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen sedangkan pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen design). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran make a match sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes yang diberikan sebelum kegiatan belajar (pre-tes) dan sesudah kegiatan belajar ( post-tes). Sedangkan teknik analisis data yakni uji normalitas data (uji liliefors) uji homogenitas (uji fisher), uji hipotesis (uji-t) dan koefisiensi keragaman (KK).
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran fiqih materi haji. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t taraf signifikan 0.05 maka diperoleh Thitung = 14,7 lebih besar dari pada Ttabel 1,685. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan nilai pos-tes kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif make a match diketahui nilai rata-rata 69,5 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post tes kelas kontrol yakni 59,5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:09 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9615 |
Actions (login required)
View Item |