Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pelayanan dalam mempertahankan Nasabah Pembiayaan Musyarakah pada BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro

Novitasari, Sulisma (2022) Strategi Pelayanan dalam mempertahankan Nasabah Pembiayaan Musyarakah pada BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Sulisma Novitasari 1804101091 - Sulisma Novitasari.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menetukan arah yang harus dituju guna tercapai semua misinya. Strategi pelayanan adalah cara bagaimana menyikapi suatu keadaan dan kenyataan dengan
memberikan solusi untuk mampu keluar dari keadaan tersebut. Pembiayaan musyarakah adalah kerjasama antar dua orang atau lebih untuk membangun suatu usaha, dimana masing-masing pihak berkontibusi dalam memberikan dana sebagai modal sesuai dengan kesepakatan dan keuntungan sesuai dengan besar nya modal. Lembaga keuangan adalah lembaga yang menyediakan jasa keuagan bagi nasabahnya, dimana lembaga ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan yang diterapkan oleh BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU) Metro untuk mempertahankan nasabah pembiayaan musyarakah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, sedangkan sifat penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan
wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian, strategi pelayanan yang diterapkan oleh BMT AKU Metro yaitu meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap (responsivie) dan dengan adanya call center. Lalu menjalani hubungan baik dengan nasabah dengan cara memberikan perhatian khusus kepada nasabah dan terakhir memberikan reward berupa parcel lebaran kepada nasabah yang telah melakukan pembiayaan sebanyak lebih dari 2 kali dan nasabah yang menyicil tepat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:10
Last Modified: 24 Jun 2024 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9618

Actions (login required)

View Item View Item