Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunagrahita Di Smplb Wiyata Dharma Kota Metro

Saefullah, Muhammad (2024) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunagrahita Di Smplb Wiyata Dharma Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS MUHAMAD SAEFULLAH.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Tunagrahita merupakan suatu jenis kelainan dan kekurangan fisik, intelektual dan mental atau biasa disebut retardasi mental atau keterbelakangan mental. Adapun dalam mengajarkan Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di sekolah tentunya perlu strategi pembelajaran khusus agar siswa memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Wiyata Dharma Kota Metro dan faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunagrahita di SMPLB Wiyata Dharma Kota Metro yaitu strategi pembelajaran ekspositori. Strategi pembelajaran ini meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi. Perencanaan ini meliputi asesmen awal dan pengklasifikasian peserta didik berdasarkan jenis ketunaan, menentukan kurikulum, memilih bahan ajar atau materi, alat dan media pembelajaran serta sumber belajar, menyusun perangkat pembelajaran seperti kalender akademik, program tahunan (prota), program semester (promes), silabus/alur tujuan pembelajaran (ATP) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)/modul ajar dan menentukan serta memilih metode pembelajaran. Implementasi meliputi kegiatan pendahuluan, pelaksanaan dan penutup. Sedangkan evaluasi meliputi yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Faktor pendukung strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa tunagrahita di SMPLB Wiyata Dharma Kota Metro yaitu guru yang kompeten, semangat siswa, dan support dari orangtua. Adapun faktor penghambatnya berasal dari faktor siswa, lingkungan, sekolahan dan guru Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 31 May 2024 01:28
Last Modified: 31 May 2024 01:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item