Lestari, Devi (2024) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Kepedulian Sosial Dan Karakter Rendah Hati Pada Peserta Didik MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS DEVI LESTARI - 2271010054 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Karakter peduli sosial dan kerendahan hati dalam mata pelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur dapat didasarkan pada pemahaman akan pentingnya pembentukan kepribadian yang seimbang dari segi moral, spiritual, dan sosial bagi peserta didik. Namun berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh peneliti, terdapat beberapa masalah seperti partisipasi siswa, beberapa siswa mungkin lebih responsif dan yang lain kurang terlibat, hal ini mengakibatkan kesenjangan antara penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik terhadap tingkah laku peserta didik yang belum sesuai dengan apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh pendidik.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana proses implementasi pendidikan akidah akhlak dalam membentuk karakter peduli sosial dan karakter rendah hati di Mts Riyadlatul Ulum Batanghari, Lampung Timur dilakukan, dan 2) untuk mengetahui sejauh mana pendidikan akidah akhlak berkontribusi dalam membentuk karakter peduli sosoal dan akhlak rendah hati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif serta observasi lapangan, dengan penelaahan dengan menggunakan buku-buku yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observsai, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peduli sosial dan rendah hati pada peserta didik di MTs Riyadlatul „Ulum dilakukan dnegan melibatkan kurikulum, partisipasi aktif guru, dan integrasi kisah inspiratif. Selain itu, evaluasi karakter peserta didik, refleksi, dan diskusi menjadi kunci dalam proses ini. Kontribusi pendidikan akidah akhlak melibatkan pembentukan nilai-nilai kehidupan, kesadaran sosial, keseimbangan, dan keadilan. Sifat rendah hati, empati, dan motivasi berbasis nilai menjadi hasil dari pembelajaran ini. Kepala sekolah menegaskan komitmen sekolah dalam mengintegrasikan nilai-nilai ini, dengan evaluasi rutin dan keterlibatan orang tua sebagai faktor penting. 2) Pembelajaran akidah akhlak memberikan dampak positif dalam membentuk karakter, dengan kolaborasi guru, kepala sekolah. Hal ini tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga membentuk landasan kuat untuk karakter sosial dan rendah hati yang berkontribusi positif dalam masyarakat.
Kata Kunci: Pembelajaran; Akidah Akhlak; Karakter; Kepedulian Sosial; Rendah Hati
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 01:28 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 01:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9623 |
Actions (login required)
View Item |