Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Margototo

Anita, Dewi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Margototo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEWI ANITA - 2001031009 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Margototo terutama pada mata Pelajaran Matematika. Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa hanya diperoleh dari penjelasan guru, dalam pembelajaran ini masih berpusat pada guru (teacher centered). Guru masih mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa banyak yang pasif. Guru juga masih sering menggunakan model ceramah dan teks book pada setiap penyampaian materi matematika, sehingga siswa kurang memahami apa yang disampaiakn oleh guru. Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalahnya yaitu: “Apakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Margototo?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Margototo.Dengan populasi dan sampel penelitian sebanyak 16 siswa, dengan desaian penelitian one group pretes postes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan metode statistik uji hipotesis uji-t.

Hasil penelitian di SDN 2 Margototo diperoleh nilai dari hasil rata-rata pretes sebesar 55,625 dengan siswa tuntas 3 orang dan siswa tidak tuntas 13 orang serta rata-rata postes sebesar 69,844 dengan siswa yang tuntas 12 orang dan siswa yang tidak tuntas 4 orang. Uji hipotesis dihitung menggunakan paired sample t-tes pada SPSS 16.0, menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 2 Margototo tahun pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: problem based learning method, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:51
Last Modified: 26 Jun 2024 02:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item