Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Keuangan Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota KSPPS Bina Umat Madani Metro

Varagita, Tarisa (2024) Strategi Pemasaran Produk Keuangan Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota KSPPS Bina Umat Madani Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TARISA VARAGITA - 2003010066 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Metro adalah salah satu lembaga keuangan berbasis syariah yang berperan penting dalam mendukung perekonomian masyarakat di Metro. Dalam upaya meningkatkan layanan dan jumlah anggota, KSPPS Bina Umat Madani Metro telah mengadopsi strategi pemasaran yang komprehensif, dengan menggunakan konsep 7P yang meliputi product, price, promotion, place, people, process, dan physical environment. Setiap elemen dalam strategi pemasaran ini saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Misalnya, produk yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggota potensial, dengan harga yang bersaing dan terjangkau. Promosi dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi untuk mencapai target pasar yang tepat, sementara tempat dan lingkungan fisik kantor KSPPS juga diperhatikan agar memberikan kenyamanan dan kepercayaan kepada para pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS Bina Umat Madani Metro dalam meningkatkan jumlah anggota. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teori Milles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verification/ penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk keuangan yang dilakukan oleh KSPPS Bina Umat Madani Metro bauran pemasaran yang memiliki 7 elemen yaitu produk, harga, distribusi promosi, orang, bukti fisik dan proses. Hal ini dilakukan untuk menarik agar masyarakat tertarik untuk bergabung menjadi anggota dan melakukan pembiayaan. Dari ketuju bauran pemasaran yang dilakukan KSPPS Bina Umat Madani Metro elemen yang paling menonjol adalah tempat dimana tempat di KSPPS Bina Umat Madani Metro sudah strategis karena lokasinya dekat jalan raya, aksesnya mudah di jangkau dan luas bangunannya, kemudian orang dimana pelayanan yang diutamakan untuk anggota dan calon anggota telah di lakukan, dan promosi yang dilakukan KSPPS Bina Umat Madani Metro yaitu penyebaran brosur, dari mulut ke mulut dan dor to dor. Elemen tersebut sangat mempengaruhi terhadap peningkatan jumlah anggota.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Keuangan, Jumlah Anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:48
Last Modified: 07 Jun 2024 09:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9628

Actions (login required)

View Item View Item