Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pedagang Kaki Lima dalam Meningkatkan Pendapatan Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Pedagang Kaki Lima di Jalan Sulawesi Ganjar Asri Metro Barat)

Pujayanti, Sonia (2022) Strategi Pedagang Kaki Lima dalam Meningkatkan Pendapatan Untuk Kesejahteraan Keluarga (Studi Pedagang Kaki Lima di Jalan Sulawesi Ganjar Asri Metro Barat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SONIA PUJAYANTI-1804040096-2 - Sonia Pujayanti.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan salah satu alternatif mata pencaharian sektor informal yang termasuk ke dalam golongan usaha kecil. Adanya pedagang kaki lima di Jalan Sulawesi menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah sosial yaitu pengangguran. Suatu usaha perlu adanya strategi yang digunakan untuk menjalankan usaha agar usaha tersebut menjadi lebih maju, penjualan semakin meningkat, dan pendapatan semakin bertambah sehingga keberlangsungan usaha berjalan dengan baik tercapainya kesejahteraan dapat
mencukupi kebutuhan keluarganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pedagang Kaki Lima dalam Meningkatkan Pendapatan untuk Kesejahteraan Keluarga, meliputi penerapan strategi bisnis yaitu strategi produk dan pelayanan, strategi harga, dan strategi promosi. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan snowball sampling. Setelah seluruh data terkumpul dan dianalisis dengan cara analisa induktif. Berdasarkan hasil analisa yang peneliti lakukan dapat diketahui bahwa strategi bisnis yang ada, seperti strategi produk dan layanan, strategi harga, dan strategi promosi tidak semua digunakan dan yang lebih menonjol digunakan yaitu strategi produk dan layanan. Dengan strategi produk dan layanan dalam kegiatan bisnisnya, karena dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan dapat memikat pelanggan sehingga jumlah pelanggan meningkat yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:19
Last Modified: 11 Jul 2024 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item