Pratiwi, Yasinta (2024) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Petak Satuan Persegi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI YASINTA PRATIWI- 2001030038 - PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Gantiwarno, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang masih dibawah KKTP yang ditetapkan yaitu ≤ 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika yaitu kurangnya antusias dalam pembelajaran matematika karena ada beberapa siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika. Tingkat pemahaman masingmasing siswa sehingga membuat siswa yang kurang tanggap mengalami kesulitan dalam memahami rumus pelajaran matematika lalu kurangnnya penggunaan media ataupun alat peraga yang kongret yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sehingga membuat siswa pasif dan mungkin merasa bosan. Serta kurang menariknya pembelajaran di kelas juga menyebabkan banyak siswa asik bermain-main sendiri, berjalan-jalan, mengobrol dengan teman, dan tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi pelajaran,
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disampaikan maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga papan petak satuan persegi terhadap mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru dan berkolaborasi dengan guru matematika yang bertindak sebagai observer. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus selama 6 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki, dan 16 perempuan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada 3 yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil pretest ketuntasan belajar siswa Pada siklus I yaitu 47%, hasil posttest yaitu 60%. Pada siklus I ini hasil belajar siswa belum memenuhi standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai ≤ 70 dengan persentase ketuntasan 60%. Maka dari itu penelitian di lanjut sampai siklus II pada siklus II hasil preetest Ketuntasan belajar siswa yaitu 60%, hasil post test yaitu 80%. Pada siklus II ini hasil belajar siswa sudah mencapai target dan peningkatan hasil belajar matematika siswa sudah memenuhi standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai ≥ 70 mencapai 80% pada akhir siklus II.
Kata Kunci: Matematika, Alat Peraga, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:48 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9646 |
Actions (login required)
View Item |