Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MAN 1 Lampung Timur

Ra’uf, Ahmad (2024) Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AHMAD RA'UF - 2001011010 - PAI.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

MAN 1 Lampung Timur merupakan lembaga pendidikan formal berbasis agama yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Indonesia. Sekolah ini berada di Desa Banjarrejo 38 B Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Peran guru Al-Qur‘an Hadits sangat vital dalam peningkatan kemampuan membaca AlQur‘an siswa. Sesuai data yang diperoleh peneliti terdapat tujuh siswa yang masih kurang baik dalam membaca Al-Qur‘an.

Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Peran Guru Al-Qur‘an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‘an Siswa MAN 1 Lampung Timur?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Al-Qur‘an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‘an Siswa MAN 1 Lampung Timur.

Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, yang dimana peneliti menjadi instrumen penelitian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan pada lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Lampung Timur. Sumber data pada penelitian ini terdapat dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer ialah Guru mata pelajaran Al-Qur‘an hadits kelas XI dan siswa kelas XI IPS 3, dan sumber data sekundernya ialah literatur yang berkaitan dengan pelaksanaan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Peran yang dilakukan guru Al-Qur‘an Hadits yaitu; (1) Peran guru AlQur‘an Hadits sebagai pendidik, guru memberikan teladan bagi siswa, perogram membaca Al-Qur‘an 15 menit sebelum belajar, guru memberikan tugas menghafal Al-Qur‘an, dan guru memberikan motivasi kepada siswa. (2) Peran guru AlQur‘an Hadits sebagai pengajar, dengan guru memberikan perhatian khusus kepada siswa yang belum lancar membaca Al-Qur‘an, dan guru juga mengelompokkan siswa yang kurang lancar membaca Al-Qur‘an dengan siswa yang sudah lancar. (3) Peran guru Al-Qur‘an Hadits sebagai pelatih, dengan guru mengulang-ulang bacaan Al-Qur‘an kemudian siswa mengikuti, setelah itu guru menunjuk siswa secara acak untuk membacakan ulang ayat Al-Qur‘an yang tadi dibacakan bersama-sama.

Kata Kunci : Peran Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jun 2024 00:44
Last Modified: 12 Jun 2024 00:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9647

Actions (login required)

View Item View Item