Nurhidayah, Siti (2024) Penggunaan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas V SDN 1 Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SITI NURHIDAYAH - 2001030035 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN 1 Bajarrejo, yaitu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil prasurvey diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tematik yaitu kurangnya peserta didik dalam memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung, masih banyak peserta didik yang mengobrol saat guru menjelaskan materi, dan guru masih menggunakan metode kovensional yaitu metode ceramah selain itu juga ada tanya jawab dan penugasan. Sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru yang berakibat rendahnya hasil belajar tematik di kelas V
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar tematik kelas V di SDN 1 Banjarrejo. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Banjarrejo pada pembelajaran tematik dengan jumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa penggunaan model Numbered Head Together peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada tes hasil belajar posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 38% sebanyak 10 peserta didik belum mencapai KKM, sedangkan pada siklus II ketuntasan posttest adalah 80% sebanyak 20 peserta didik yang mencapai KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 44%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya KKM dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 70%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar pesera didik mata pelajaran tematik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together, Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 13:34 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 13:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9651 |
Actions (login required)
View Item |