Suriani, Tia Ananda (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Matematika Di SD Negeri 1 Adiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI TIA ANANDA SURIANI - 2001031035 -PGMI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Adiwarno, di mana terdapat masalah rendahnya hasil belajar siswa yang masih dibawah KKTP mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan, yaitu ≥ 70. Hasil prasurvey menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa diantaranya kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru selama proses pembelajaran. Terdapat siswa yang mengobrol saat guru sedang menjelaskan materi, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bervariasi. Sehingga siswa kurang memahami apa yang dijelaskan oleh guru yang berakibat terhadap rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas V.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 1 Adiwarno melalui penggunaan media pembelajaran puzzle. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Adiwarno pada mata pelajaran Matematika tahun Pelajaran 2023/2024, dengan total peserta didik sebanyak 26 orang, terdiri dari 20 perempuan dan 6 laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika pada siklus I adalah 58% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 23% menjadi 81%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan tercapainya KKTP dengan rata-rata ketuntasan mencapai lebih dari 75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Adiwarno.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Puzzle, Mata Pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 13:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 13:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9652 |
Actions (login required)
View Item |