Alexsa, Anis (2024) Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini Di RA Daarul Qur’an Fajar Asri Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Anis Alexsa - 2001040005 - PIAUD.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Peran guru bagi anak sangat penting karena guru sebagai penanggung jawab kegiatan pembelajaran tentang kemandirian pada anak yang diharapkan dapat melatih dan membiasakan anak berperilaku mandiri dalam setiap aktivitasnya. Kemandirian merupakan kemampuan untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap orang lain dalam melakukan kegiatan atau tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya. Maka melatih kemandirian itu sangat penting dilakukan sejak anak usia dini karena sifat kemandirian akan kebawa sampai mereka dewasa. Hal yang menunjukkan kemandirian yaitu berkaitan dengan suatu keadaan atau kondisi dimana seseorang mampu berdiri sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Oleh karena itu guru merupakan cerminan dari peserta didik. Metode yang digunakan RA DAARUL QUR'AN Fajar Asri Lampung Tengah adalah metode pembiasaan. Metode pembiasaan merupakan metode yang menitikberatkan pada penanaman kegiatan atau amalan yang sifatnya terus menerus atau rutinitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam melatih kemandirian anak usia dini beserta faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di RA Daarul Qur’an Fajar Asri Lampung Tengah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di RA DAARUL QUR'AN Fajar Asri Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di RA DAARUL QUR'AN Fajar Asri Lampung Tengah, dengan dilaksanakan penerapan metode pembiasaan secara terus menerus dan berkelanjutan yang menerapkan nilai-nilai kemandirian anak meliputi: metode pembiasaan kemampuan fisik, percaya diri, bertanggungjawab, displin, pandai bergaul, saling berbagi dan mengendalikan emosi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak dibagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan penghambat.
Faktor pendukung yaitu, sarana dan prasarana yang telah guru sediakan sebagai tempat dan alat untuk mengembangkan karakter anak, dan kreativitas yang membangitkan rasa ingin tahu anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk menjelajah alat permainan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu vii perbedaan kemampuan dan perkembangan anak dan sikap orang tua (yang menyerahkan pendidikan kepada sekolah).
Kata kunci : Peran Guru, Kemandirian Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 13:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 13:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9654 |
Actions (login required)
View Item |