Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar IPS Peserta Didik di MTSN 2 Lampung Timur

Wahyudi, Ananda Bagus (2022) Pengaruh Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar IPS Peserta Didik di MTSN 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANANDA BAGUS WAHYUDI 1801081005 - Ananda Bagus Wahyudi.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Belajar adalah suatu proses aktivitas mental (Psikis) yang berlangsung dalam diri individu sebagai akibat dari interaksi dengan lingkungannya yang kemudian menghasilkan perubahan yang bersifat relatif tetap (konstan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran e learning terhadap minat belajar IPS peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi sampel sebanyak 86 Peserta didik. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunkanan program SPSS Versi 26. Adapun hasil tersebut dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan, dimana nilai koefisiensi bernilai positif yang menandakan terdapat hubungan atau pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Adapun persamaan regresinya yaitu Y= 8.364+ 0.393X. Pada analisis regresi linier antara variabel X dengan variabel Y diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara simultan syaitu sebesar 0.000<0.05 dan nilai F hitung sebesar 27.168>Ftabel 3.95. hasil output diatas menandakan bahwa ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan output tabel uji determinasi variabel X terhadap variabel Y, besarnya nilai korelasi/hubungan R adalah 0,494 dan koefisien determinasi sebesar 0,244 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 24,4% dengan korelasi rendah. Hal ini juga menandakan bahwa Ha diterima yaitu ada pengaruh pembelajaran e-learning terhadap minat belajar IPS peserta didik. Seluruh data penelitian yang didapatkan dan dianalisis merujuk kepada Ha diterima yaitu ada pengaruh pembelajaran e-learning dengan minat belajar IPS peserta didik. Namun yang menjadi catatan yaitu meskipun ada pengaruh, namun korelasinya dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:28
Last Modified: 13 Jun 2024 01:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9666

Actions (login required)

View Item View Item