Yuliana, Iis (2022) Peranan Guru al-Qur'an Hadist dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Qur'an pada Siswa Kelas VIII MTS Nurul Iman Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
BAB I - 5 Terbaru JILID 1 IIS pdf - Iis Yuliana Channel.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Peran guru al-Qur‟an Hadits sangat penting untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur‟an di Madrasah, dan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an di Madrasah. Adapun kesulitan yang dialami siswa sulitnya pengucapan huruf hija‟iyah yang sesuai dengan makharijul huruf, sulitnya memahami huruf hija‟iyah yang disambung, hukum panjang pendek suatu huruf. Berkenaan dengan hal tersebut maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca AlQur‟an di MTs Nurul Iman. Permasalahan penelitian ini bagaimana peranan guru AlQur‟an hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an pada siswa dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru Al-Quran hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran pada siswa kelas VIII MTs Nurul Iman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan fenomena lingkungan yang terjadi, adapun pengumpulan datanya dengan primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumemtasi, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini 1) Peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur‟an diantaranya sebagai pendidik guru Al-Qur‟an Hadits telah menjadi teladan yang baik bagi siswanya, dilakukan sabar dalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur‟an. sebagai pengajar guru Al-Qur‟an Hadits telah menyampaikan dan mengajarkan materi pembelajaran dengan baik yakni mengenai hukum bacaan tajwid, dan makharijul huruf, mencontohkan cara membaca AlQur‟an yang baik dan benar sesuai dengan kadah tajwidnya, membiasakan siswa untuk membaca Al-Qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid, dan berusaha untuk mengelola kelas dengan baik. Sebagai motivator guru Al-Qur‟an Hadits telah menjalankan perannya dengan baik yakni dengan meningkatkan minat siswa dalam membaca Al-Qur‟an. 2) Faktor pendukung guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur‟an berupa adanya program bimbingan Al-Qur‟an setiap pagi hari yang dibimbing langsung oleh guru yang ahli dalam bidang Al-Qur‟an, fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang siswa dalam belajar Al-Qur‟an, mushola, buku iqra‟, juz‟ama, dan Al-Qur‟an. Adapun faktor penghambat guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur‟an berupa rendahnya minat membaca Al-Qur‟an pada diri siswa, kurangnya kefahaman siswa tentang ilmu tajwid, serta kurangnya perhatian, dukungan dan bimbingan orang tua tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur‟an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 00:40 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 00:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9667 |
Actions (login required)
View Item |