Ulfa, Isahrul (2024) Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Budaya Akademik Sekolah Di MTs Nurul Iman Desa Rejo Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Isahrul Ulfa - 2001070013 - T. IPS.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan Islam menjadi bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Salah satu lembaga pendidikan agama Islam di Indonesia adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs). Saat ini, globalisasi dan modernisasi berdampak juga pada pendidikan Islam. Maka penting memastikan kurikulum di MTs sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Perlu dilakukan penelitian untuk menilai sejauh mana kurikulum yang ada mencerminkan nilai-nilai Islami dalam pendidikan. MTs Nurul Iman merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengimplementasikan nilai-nilai keislaman termasuk budaya akademik sekolah. Pengimplementasian nilai-nilai keislaman tersebut merupakan bekal untuk menghadapi era globalisasi dan modernisasi saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis sejauh mana siswa mengimplementasikan nilai-nilai keislaman pada budaya akademik sekolah dengan melihat delapan indikator budaya akademik, yaitu kegiatan pengkondisian awal belajar, anjuran menjaga kebersihan, anjuran memanfaatkan waktu, budaya 3S (senyum, sapa, salam), upacara bendera, penggunaan seragam sekolah, dan anjuran menjaga ketenangan, serta tercipta suasana yang tenang dan nyaman untuk belajar. Tujuan lainnya adalah mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian nilai-nilai keislaman pada budaya akademik sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Snow Ball Sampling dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai keislaman dalam budaya akademik sekolah di MTs Nurul Iman sudah terlaksana dibuktikan dengan adanya kegiatan pengkondisian awal belajar (bershalawat bersama, sima’an Al-Qur’an Juz 30, shalat Dhuha, berdo’a sebelum belajar), anjuran menjaga kebersihan (piket kelas, membuang sampah pada tempatnya), anjuran memanfaatkan waktu, budaya 3S (senyum, sapa, salam), upacara bendera, penggunaan seragam sekolah, dan anjuran menjaga ketenangan, serta tercipta suasana yang tenang dan nyaman untuk belajar. Faktor pendukung adanya kegiatan eksternal, sarana dan prasarana, serta tenaga pendidik yang kompeten. Sedangkan faktor penghambatnya waktu yang singkat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak mendukung, dan faktor dari dalam diri siswa sehingga pelaksanaan budaya akademik belum maksimal dilaksanakan.
Kata Kunci: Implementasi nilai-nilai keislaman, budaya akademik sekolah, indikator budaya akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:15 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9672 |
Actions (login required)
View Item |