Biyatma, Ririn Eri (2024) Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pelaku Usaha Kue Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kecamatan Seputih Mataram. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RIRIN ERI BIYATMA - 2003011089 - ESy.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Platform media sosial telah banyak memberi perubahan dan menjadi alat sosial yang begitu populer. Media sosial dapat dijadikan sebagai sumber daya yang bernilai tambah bagi pelaku usaha di Kecamatan Seputih Mataram. Permasalahan pada penelitian ini yakni sering terjadinya cancel COD secara mendadak dan produksi kue yang tidak tepat waktu pada Lina Kue, serta update produk pada media sosial yang kurang menarik pada Thalita Cakekies dan Chyllkiss Cake.
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan hasil penggunaan strategi 4C media sosial pada Thalita Cakekies, Chyllkiss Cake dan Lina Kue yakni context, communication, collaboration, dan connection. Strategi 4C berperan dalam mempermudah pelaku usaha untuk melakukan promosi produk dan meningkatkan penjualan produk kue di Kecamatan Seputih Mataram. Kemudian media sosial juga berperan dalam mempermudah konsumen untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan pelaku usaha. Serta konten yang dibuat juga dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk melakukan pembelian produk, sehingga penjualan kue mengalami peningkatan. Implementasi etika bisnis Islam pada Thalita Cakekies, Chyllkiss Cake dan Lina Kue sudah menerapkan pinsip-pinsip etika bisnis Islam yakni shiddiq, amanah, tabligh dan fatonah. Namun masih terdapat prinsip etika bisnis Islam yang belum diterapkan yakni prinsip amanah pada salah satu usaha kue tersebut.
Kata Kunci: Media Sosial, Daya Saing, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9676 |
Actions (login required)
View Item |