Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Kemudahan Paylater Terhadap Minat Beli Ulang Di Toko Online Melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa IAIN Metro

Viyanti, Yulia Rahma (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan Paylater Terhadap Minat Beli Ulang Di Toko Online Melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Yulia Rahma Viyanti - 2003010077 - ESy.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Budaya konsumtif yang marak ditemui oleh gen Z dimanfaatkan oleh perusahaan untuk berlomba-lomba membuat layanan e-commerce yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh konsumen agar memudahkan dan menambah value dari produknya. Berdasarkan hasil survey menggunakan google form kepada 20 mahasiwa Ekonomi Syariah angkatan 2020 menunjukan bahwa penggunaan aplikasi shopee lebih sering digunakan dibanding marketplace yang lain. hal ini di karenakan fasilitas, layanan dan keamanan yang memadai pada aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan paylater terhadap kepuasan kosumen, 2) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang, 3) Untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat beli ulang yang dimoderasi kepuasan konsumen.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian kuantitatif adalah merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan design penelitianya. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa IAIN Metro yang menggunakan aplikasi Shopee Paylater.

Penentuan jumlah sampel yang representatif dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM. Hal ini merujuk pada perhitungan Heir et al. Yaitu jumlah indikator penelitian dikalikan 5 sampai 10. Dengan demikian sampel untuk penelitian ini adalah Jumlah sampel : 13 X 10 = 130 Sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan metode SEM (Strucural Equetion Modeling).

Hasil penlitian ini menunjukan Persepsi kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada mahasiswa IAIN Metro, Kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang pada mahasiswa IAIN Metro. Kemudian Kepuasan konsumen mampu memoderasi persepsi kemudahan terhadap minat beli ulang Shopee paylater pada mahasiswa IAIN Metro. menunjukan nilai Q 2 (Predictive Relevance) sebesar 0,908018. Hal ini berarti bahwa minat beli ulang yang dimoderasi oleh Kepuasan Konsumen memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh secara signifikan.

Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Minat Beli, Kepuasan Konsumen. Paylater.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Jun 2024 01:24
Last Modified: 21 Jun 2024 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9677

Actions (login required)

View Item View Item