Alvionis, Charolin Juliana (2024) Peran Guru IPS Dalam Mengatasi Degradasi Moral Di Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI CHAROLIN JULIANA ALVIONIS - 2001072004 - T. IPS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Degaradasi moral diartikan sebagai turunnya atau merosotnya tingkah laku pada sikap diri seseorang. Kerusakan moral menimpa generasi muda bangsa Indonesia merupakan sebuah fenomena yang memilukan. Degradasi moral di kalangan remaja merupakan permasalahan yang berebeda dengan perilaku pada umumnya seperti cara berpakaian, membolos pelajaran dikelas, penyalahgunaan media sosial, pergaulan bebas, dan kurangnya perhatian dari orang tua. Tidak hanya di luar lingkungan sekolah saja namun dilingkungan sekolah banyak ditemukan siswa yang perilakunya tidak mencerminkan seorang pelajar. Ditengah era globalisasi dengan adanya zaman semakin modern dan pengaruh lingkungan yang berbeda-beda tersebut gangguan pada masa remaja dapat menimbulkan degradasi moral. Peran guru dalam mengatasi degradasi moral sangat penting untuk memberikan arahan kepada generasi bangsa agar tidak terjadi degradasi moral. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana peran guru IPS dalam mengatasi degradasi moral siswa dikelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui informan yaitu guru IPS dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari waka kesiswaan, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini, faktor-faktor yang memepengaruhi degradasi moral yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, pengaruh lingkungan dan media sosial. peran guru IPS dalam mengatasi degradasi moral siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Tulang Bawang Barat dapat mengatasi degradasi moral yaitu 1) guru sebagai pendidik selain memberikan pelajaran berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan, juga sekaligus melatih, membimbing dan mengarahkan peserta didiknya agar dapat berakhlak mulia dan berpikir secara cerdas. 2) Guru sebagai fasilitator bertugas memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik, agar mereka dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan, gembira, penuh semangat dan sebagai motivator bagi peserta didiknya. 3) Guru sebagai pembimbing yaitu guru sebagai panutan, suri tauladan, memberi arahan, mengingatkan, dan membimbing.
Kata kunci : Peran Guru, Degradasi Moral, Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9685 |
Actions (login required)
View Item |