Septiyana, . (2024) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Batanghari. Undergraduate thesis, Instititut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI SEPTIYANA - 2001070027 - T. IPS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa, sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengkondisikan aktivitas ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah di terapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan para siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis keberhasilan penerapan model pembelajaran TGT dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII SMPN 1 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Model Hopkins yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Batanghari yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswi perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan rumus statistik nilai rata-rata dan menghitung presentase. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu 75% dari seluruh siswa dalam kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Batanghari, dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus adalah 18%. Siklus pertama persentase ketuntasan hasil belajar 55%. Siklus kedua persentase ketuntasan hasil belajar kembali meningkat menjadi 87%. Peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa,dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 84.61% kemudian siklus II adalah 92,23%, Sedangkan 1,61 kemudian siklus II ada 2,43.
Kata Kunci: Model pembelajaran TGT, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 02:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 02:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9687 |
Actions (login required)
View Item |