Fakhrudin, Bilal (2022) Peran Guru IPS dalam Menerapkan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 2 Palas Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
BILAL FAKHRUDIN SKRIPSI - Bilal Fakhrudin.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Keragaman individu dalam kelompok masyarakat Indonesia memiliki dampak pada keragaman pada peserta didik juga dalam suatu lembaga pendidikan, dengan begitu perlunya penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural. Pendidikan
multikultural yang ada selama ini masih sebatas pada bahasan dan konsep yang selalu ingin dikembangkan dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil prasurvey di SMP Negeri 2 Palas, dalam penerapannya terkadang masih terjadi perselihan antar siswa yang didominasi oleh kenakalan siswa kelas XI, atau peselisihan lain yang disebabkan perbedaan kelompok siswa antar siswa dengan dasar agama maupun perbedaan suku. Oleh karena itu, maka perlu adanya seorang guru terutama peran guru IPS sebagai pendidik, mediator dan pembimbing guna mengajarkan kehidupan sosialisasi bermasyarakat yang baik kepada siswa. Peran guru selain sebagai pemantik atau penggerak terciptanya pembelajaran yang kondusif serta perkembangan potensi pada diri peserta didik sangat dipengaruhi oleh arahan dari pendidik atau guru. Selain itu, guru juga berperan sebagai pendidik, mediator dan pembimbing siswa untuk berprilaku baik dan menerapkan nilai-nilai multikultural seperti toleransi, saling menghargai, memberikan kesempatan yang sama dan menghargai keragaman yang ada baik, agama, suku dan adat budaya yang ada Penelitian yang dilakukanadalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan tentang realitas dan fenomena sosial dilokasi penelitian. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Kepala sekolah, Guru IPS dan beberapa siswa yang terdiri dari kelas VII, VIII. dan IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peran guru IPS dalam menerapakan nilai-nilai
multikultural di SMP Negeri 2 Palas sebagai berikut : a) Sebagai pendidik, guru IPS untuk mengajarkan dan menanamkan nilai multikultural di lingkungan sekolah ialah dengan selalu memberikan nasehat teguran yang diberikan kepada siswa, b) Sebagai mediator, guru IPS menjadi penyalur ataupun mediator siswa untuk memiliki keyakinan bahwa; perbedaan budaya memiliki kekuatan dan nilai, serta guru pun harus menjadi teladan baik untuk memberikan hak-hak manusia, keadilan dan kesetaraan sosial, c) Sebagai pembimbing, guru IPS perlu memberikan bimbingan yang baik dan mendamaikan tanpa adanya pilih kasih untuk mengakurkan setiap siswa yang mengalami konflik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:10 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9690 |
Actions (login required)
View Item |