Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua dalam Membentuk Pendidikan Karakter Anak Berbasis Potensi Diri di Desa Candra Mukti Tulang Bawang Barat

Kumalasari, Laila (2022) Peran Orang Tua dalam Membentuk Pendidikan Karakter Anak Berbasis Potensi Diri di Desa Candra Mukti Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Bagi SKRIPSI LAILA KUMALASARI - Laila Kumalasari.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Terbentuknya karakter dalam diri seorang anak ketika anak berada dalam didikan orang tua dirumah, tempat pendidikan pertama dalam kehidupan seorang manusia. Pendidikan karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak dini.

Faktor yang berpengaruh bagi kenakalan anak yaitu rusaknya akhlak dan hilangnya kepribadian keteledoran kedua orang tua dalam memperbaiki diri, mengarahkan dan mendidiknya. Potensi diri merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap manusia yang masih terpendam di dalam dirinya, yang menunggu mewujudkan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia. Potensi yang lain berkaitan dengan kemampuan individu untuk memotivasi diri dan memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap dari kebiasaan diri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk pendidikan karakter anak berbasis potensi diri di Desa Candra Mukti Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Candra Mukti Tulang Bawang Barat. Subjek penelitian ditunjukkan kepada orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa peran orang tua dalam membentuk pendidikan karakter anak berbasis potensi diri terdapat beberapa hal penting. Pertama orang tua sebagai pendidik yaitu mengajarkan bertutur kata yang sopan dan santun. Kedua orang tua sebagai pembimbing yaitu mengajarkan moral, bertanggung jawab, sabar dan mengembangkan potensi diri anak yang dimilikinya, memberikan pengertian bahwa tidak boleh mengambil barang yang bukan miliknya. Ketiga orang tua sebagai motivator yaitu memberikan semangat saat belajar, memotivasi, tidak menunjukkan hal buruk dihadapan anak dan orang tua meluangkan waktu dan perhatian kepada anak agar anak semangat. Keempat orang tua sebagai pelayanan yaitu orang tua harus siap siaga dalam segala hal apapun seperti kebutuhannya, minatnya dan keperluannya, bmengembangkan minat yang dimiliki anak, memberikan arahan, dan memantau perkembangan potensi diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 21 Jun 2024 00:57
Last Modified: 21 Jun 2024 00:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item