Aprilia, Erlita Dwi (2024) Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Murabahah Di BPRS Metro Madani KP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Erlita Dwi Aprilia -1903020016 - PBS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Banyaknya persaingan antara lembaga keuangan bank maupun non bank yang menawarkan produk yang sama membuat BPRS Metro Madani harus memiliki strategi untuk mengembangkan produknya agar dapat bersaing. Pengembangan produk adalah suatu proses penemuan ide untuk barang dan jasa termasuk merubah, menambah, atau merumuskan kembali sebagian dari sifat-sifat pokok yang sudah ada dalam segi corak, merk dan kuantitas. Mengembangkan strategi pembiayaan murabahah yang baik akan mampu memberikan kepuasan dan meningkatkan nasabah, mempertahankan nasabah yang ada untuk terus menggunakan pembiayaan murabahah, serta akan mampu untuk menarik calon nasabah baru untuk menggunakan produk murabahah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya BPRS Metro Madani dalam mengembangkan produk pembiayaan murabahahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah yang dilakukan BPRS Metro Madani KP Metro. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan pendekatan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi secara langsung kepada pihak BPRS Metro Madani KP Metro dan nasabah yang menggunakan produk pembiayaan murabahah di BPRS Metro Madani KP Metro.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam pengembangan produknya yaitu dengan mengembangkan produk yang sudah ada dengan cara meningkatkan produk atau layanan dan memodifikasi poduk pembiayaan murabahah. Dalam mengembangkan produk pembiayaan murabahah BPRS Metro Madani KP Metro melakukan identifikasi kebutuhan nasabah untuk menarik minat nasabah. Strategi pengembangan produk pembiayaan murabahah menekankan pada strategi pemasaran yang kuat yaitu dengan melakukan promosi secara terus menerus dalam mengembangkan produk murabahnya. Pengembangan produk pembiayaan murabahah sudah baik karena setiap tahunnya jumlah nasabah dan jumlah pembiayaan murabahah mengalami kenaikan setiap tahunnya. Strategi pengembangan produk merupakan usaha untuk memperpanjang hidup produk (product life cycle).
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Produk Pembiayaan Murabahah, Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:54 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9695 |
Actions (login required)
View Item |