Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Metro Utara

Rahmadhani, Desty (2022) Implementasi Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DESTY RAHMADHANI NPM. 1801032006-1 - Desty Rahmadhani.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Anak usia dini dalam Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14 adalah anak yang berada pada usia lahir hingga usia enam tahun. Pada rentang usia itu anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga membutuhkan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Motorik halus yang merupakan sebuah gerakan dasar yang dilakukan oleh anak-anak secara halus. Gerakan tersebut biasanya terdiri dari kegiatan-kegiatan sederhana yang biasa dilakukan anak yang berkaitan dengan otot-otot kecil, gerakan pada pergelangan
tangan serta jari-jarinya. Finger painting adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan anak dalam mengembangkan motorik halusnya melalui kegiatan menggunakan jari anak secara langsung sebagai alat untuk melukis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai implementasi kegiatan finger painting dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Negeri Pembina Metro Utara.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan finger painting di TK Negeri Pembina Metro Utara terbagi kedalam tiga bagian, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kegiatan. Hasil dari implementasi kegiatan finger painting dalam pembelajaran dapat menstimulus perkembangan kemampuan motorik halus anak dengan lebih maksimal, pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian anak dan dapat menghidupkan suasana kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:05
Last Modified: 03 Jul 2024 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9702

Actions (login required)

View Item View Item