Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Model Canvas (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi 22 Hadimulyo Metro)

Pertiwi, Oktiani (2022) Analisis Pengembangan Bisnis dengan Pendekatan Model Canvas (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi 22 Hadimulyo Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Dokumen dari Oktiani Pertiwi - OKTIANI PERTIWI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan bisnis adalah proses atau cara perusahaan atau organisasi yang menjalankan aktivitas produksi dan penjualan barang-barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis dengan pendekatan model canvas adalah sebuah tools atau alat yang dirancang untuk membangun dan menggali sebuah ide bisnis, dimana bisnis ini menggunakan sembilan elemen yang meperlihatkan cara berfikir tentang bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan uang. Sembilan blok bangunan dasar pada model bisnis ini antara lain: segmen pelanggan, proposi
nilai, saluran pemasaran, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumberdaya utama, aktivitas kunci, kemitraan utama, struktur biaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bisnis dengan pendekatan model canvas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara kepada CEO, admin, para karyawan, dan konsumen selain itu juga dengan dokumentasi. Dokumentasi ini berisikan tentang sejarah Abu Bakar Konveksi, nama-nama karyawan, struktur organisasi. Analisis data dengan menggunakan teknik trigulasi dengan menelaah seluruh penelitian, melakukan reduksi data, menyusun kategori, menguji keabsahan data dan menafsirkan data dengan menjawab rumusan masalah yang dilakukan dengan analisis deskriptif.
Dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bisnis dengan pendekatan model canvas di abu bakar konveksi sangat fluktuatif dimana pengembangan mengalami pendapatan yang naik turun setiap tahunnya yang disebabkan karena adanya lima elemen yang telah dilakukan dengan baik seperti segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran pemasaran, hubungan pelanggan, arus pendapatan. dan ada empat elemen lagi yang belum dilakukan dengan baik seperti sumberdaya kunci, aktivitas kunci, kemitraan utama, dan struktur biaya. Dari hal ini terlihat rancangan pengembangan bisnis berbasis model canvas di abu bakar konvesi perlu ditingkatkan lagi di bagian empat elemen seperti di elemen sumber daya utama belum dibuatkan merek, di elemen aktivitas kunci belum disewakan gedung untuk bagian marketting agar mempermudah penjualan (mendisplay), kendaraan, hak paten, hak cipta. elemen kemitraan kunci belum membangun relasi dengan investor agar mendapatkan donasi, dan pada struktur biaya perlu ditambahkan lagi karyawan administrasi keuangan. empat elemen yang ada pada kegiatan pengembangan bisnis berbasis metode kanvas yang belum dilakukan dengan baik, sebaiknya dipenuhi agar pengembangan bisnis yang ada di abu bakar konveksi dapat berjalan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:26
Last Modified: 21 Jun 2024 07:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9703

Actions (login required)

View Item View Item