Saputri, Isabela Aina (2024) Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Tanjungjaya. Undergraduate thesis, Instititut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI ISABELA AINA SAPUTRI - 2001030012 - PGMI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di MI Al-Hidayah khususnya pada kelas V, berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat yaitu pada saa t prose s pembelajara n menggunaka n metode cerama h da n metode diskusi. Denga n menggunaka n metode cerama h membua t suasana belaja r yang tida k mendukung da n kondusif karena siswa suli t menerima materi yang disampaika n guru, sehingga saa t ditanya siswa terkesa n dia m da n tida k memiliki keberania n serta keyakina n dala m berpendapa t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi manfaat air bagi makhluk hidup dan siklus air di MI AlHidayah Tahun Pembelajaran 2023/2024, hal ini dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 2,69% serta pada akhir siklus II sebesar 4,47% dengan presentase peningkatan 1,78%. Selain peningkatan aktivitas belajar siswa, telah terjadi penigkatan pada hasil belajar siswa yaitu dari hasil rata-rata hasil belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 68,5% serta pada akhir siklus II sebesar 80% dengan presentase peningkatan sebesar 11,5%, dan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 47% dan pada siklus II yaitu sebesar 82%. Dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivias dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siwa kelas V MI Al-Hidayah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Aktivitas dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 03:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9714 |
Actions (login required)
View Item |