Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 1 Belitang Mulya

Ermiasari, Erinkaria (2022) Strategi Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 1 Belitang Mulya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FILE SKRIPSI ERINKARIA ERMIASARI 1801080007 TADRIS IPS - Erinkaria Ermiasari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru membutuhkan strategi pembelajaran,. Terlebih pada masa pademi Covid-19, guru harus berinovasi menyusun strategi pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi, kendala, dan upaya mengatasi pembelajaran pada masa pandemi Covid - 19 di SMP Negeri 1 Belitang Mulya;

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan guru IPS dalam pembelajaran adalah strategi questioning dan strategi inquiry. Dalam menerapkan strategi ini guru menggunakan aplikasi whatsapp grup untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran dengan baik.. (2) Kendala yang dihadapi guru IPS dalam menerapkan strategi pembelajaran diantaranya: jaringan internet (signal) yang tidak stabil, fasilitas belajar siswa yang kurang memadai, perbedaan karakter siswa, perbedaan daya serap siswa, dan siswa yang pasif. Upaya yang dilakukan guru IPS adalah 1) memotivasi diri serta menyadari peran dan tugas guru sebagai seorang pendidik, 2) guru memberikan motivasi pada siswa agar siswa lebih semangat dan antusias dalam belajar, 3) pemberian motivasi dilakukan ketika pembelajaran berlangsung melalui grup WA dengan cara memberi pujian atau memberi semangat, 4) melakukan pendekatan dan memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang membutuhkan hal tersebut karena guru merupakan orang tua kedua bagi siswa setelah orang tua yang ada dirumah, 5) membuatan media pembelajaran agar siswa tidak mudah jenuh, 5) untuk siswa yang terkendala kuota internet, guru dapat membantu siswa untuk mendapatkan bantuan paket data siswa dari pemerintah dengan cara mendata dan mendaftarkan nomer-nomer siswa melalui sekolah, 6) guru juga menyesuaikan
platform yang tidak terlalu boros dalam pemakaian data internet siswa seperti hasil observasi dan wawancara dengan menggunakan whatsapp grup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:25
Last Modified: 25 Jun 2024 07:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9717

Actions (login required)

View Item View Item