Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran UMKM Sektor Kuliner dalam Mempertahankan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro)

Pertiwi, Intan Putri (2022) Analisis Strategi Pemasaran UMKM Sektor Kuliner dalam Mempertahankan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Intan Putri Pertiwi_180401081 - Intan Putri Pertiwi.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran UMKM sector kuliner dalam mempertahankan pendapatanya dimasa Pandemi Covid-19. Semenjak Covid-19 ditetapkan berstatus pandemi, ada banyak sektor ekonomi global dan dosmetic yang mengalami dampaknya. Terutama pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini menyebabkan para UMKM Sektor Kuliner tidak bisa melakukan pemasaran seperti biasa dan pendapatan yang diperolehpun mengalami penuruan secara dratis. Oleh karena itu untuk dapat mempertahakan pendapatan dimasa Pandemi Covid-19 para UMKM Sektor Kuliner harus menggubah atau inovasi dalam pemasaran kepada konsumen agar mampu survive dimasa pandemi covid-19 ini.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field risearch), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif serta dalam penelitian ini menggunakan cara berfikir induktif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada ketiga UMKM sektor Kuliner dapat dilihat bahwasanya ketiga UMKM tersebut sama-sama mengalami penurunan pendapatan dimasa pandemi Covid-19 dikarenakan mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya. Walapun mengalami kesulitan pemasaran dikarenakan adanya kebijakan PSBB sehingga perlu menerapkan strategi pemasaran dengan baik yaitu menerapakan strategi pemasaran 5P: bauran harga, produk, tempat, promosi dan people. Dari kelima stratrgi tersebut yang paling berpengaruh baik sebelum dan sesudah adanya pandemic Covid-19 adalah strategi promosi, karena dengan memanfaat kan promosi banner dan media sosial itu akan sangat memudahkan para UMKM untuk memasarkan produknya dan mampu mempertahankan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:09
Last Modified: 01 Jul 2024 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9720

Actions (login required)

View Item View Item