Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional Cabang Pekalongan

Sari, Dwi Erina (2024) Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada BMT As-Syafi’iyah Berkah Nasional Cabang Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DWI ERINA SARI_2003021020.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Bmt As-Syafi’iyah Berkah Nasional Cabang Pekalongan merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang tidak lepas dari ketatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah lainnya. Brand image dan kualitas layanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi Bmt. Karena melihat dari brand image yang dimiliki Bmt dan kualitas layanan yang telah diberikan oleh pihak Bmt saharusnya dapat menjadikan salah satu faktor penentu masyarakat dalam mengambil keputusan menjadi anggota. Namun pada realita yang ada, masyarakat disini cenderung hanya ikut-ikutan atau mengikuti saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan menjadi anggota di Bmt As-Syaafi’iyah Berkah Nasional Cabang Pekalongan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis penelitian data yang dikumpulka n berupa angka- angka data berasa l dari dokumentasi da n angket atau kuisioner menggunakan skala likert. Kemudian anggota yang menggunakan produk murabahah sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis probability sampling yaitu simple random sampling dengan rumus Slovin untuk menentukan besaran jumlah sampel dan didapatkan sebanyak 91 responden yang kemudian data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 26 For Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menjadi Anggota dan kualitas layanan juga berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan menjadi anggota. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji parsial (uji T) bahwa variabel brand image mendapatkan perbandingan nilai thitung > ttabel (3,208 > 1,987) dengan sig.0,002. Variabel kualitas layanan mendapatkan perbandingan dengan thitung > ttabel (2,362 > 1,987) dengan sig. 0,020 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil penelitian berdasarkan uji simultan (uji F) menunjukan bahwa brand image dan kualitas layanan secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,288 > 3,100) dengan nilai sig.0.000. Berpengaruhnya ini juga terlihat dari uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,270 dengan persentase 27%.
Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Layanan, Keputusan Menjadi Anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:20
Last Modified: 01 Jul 2024 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9732

Actions (login required)

View Item View Item