Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Sistem Layanan Jemput Bola Terhadap Kepuasan Anggota KSPPS BMT Artha Buana Metro Cabang Mulyojati

Utami, Ariana (2024) Efektivitas Sistem Layanan Jemput Bola Terhadap Kepuasan Anggota KSPPS BMT Artha Buana Metro Cabang Mulyojati. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARIANA UTAMI - 2003021013 - PBS.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

BMT Artha Buana Metro masih eksis dan kokoh walaupun saat ini di Kota Metro tersedia banyak BMT atau lembaga penyedia jasa keuangan lainnya. Salah satu penyebab bertahannya adalah adanya sistem Layanan Jemput Bola. Konsep ini merupakan pendekatan proaktif dalam pelayanan yang menitikberatkan pada kemudahan akses dan responsivitas terhadap kebutuhan anggota. Dalam konteks KSPPS BMT, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepuasan anggota dengan meminimalkan hambatan akses serta meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana efektivitas sistem Layanan Jemput Bola Terhadap Kepuasan Anggota KSPPS BMT Artha Buana Metro

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model field research yang bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk secara akurat menggambarkan sifat individu, situasi, gejala atau kelompok tertentu sebagaimana adanya. Sumber data yang diperoleh berupa sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan metode snowball sampling (teknik bola salju) dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang bersifat induktif, yaitu analisis atas informasi yang diperoleh kemudian dibentuk menjadi suatu hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan strategi pemasaran jemput bola pihak BMT Artha Buana Metro dapat dikatakan sangat efektif setelah diukur dengan 4 (empat) indikator keefektivan yakni; jumlah hasil, tingkat kepuasaan, produk kreatif, serta intensitas yang akan dicapai. Selanjutnya kepuasan dapat dibuktikan dengan 3 indikator yaitu; 1) Kesesuaian harapan yang anggota BMT terhadap realita layanan yang diberikan oleh BMT. 2) Minat berkunjung Kembali, di tunjukan dengan peningkatan jumlah anggota dan volume transaksi pada BMT 3) Kesediaan merekomendasikan, yakni turut merekomendasikan BMT Artha kepada kerabat atau tetangga.

Kata Kunci : Efektivitas, Layanan Jemput Bola, dan Kepuasan Anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:13
Last Modified: 12 Jul 2024 03:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item