Oktavia, Dela (2024) Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Toko Jt Collection Sukadana Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Dela Oktavia - 2003011024 - ESy.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pemasaran syariah adalah sebuah disiplin bisnis strategi yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan values dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip muamalah dalam Islam.
Toko jt collection merupakan usaha yang bergerak dibidang perdagangan. Toko jt collection berlokasi di desa Purta Aji 1, Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur. Bertepatan dengan strategi marketing yang digunakan oleh toko jt collection, maka peneliti tertarik untuk mempelajari strategi marketing syariah yang diterapkan oleh toko jt collection. rumusan masalahnya yaitu bagaimana strategi marketing syariah toko jt collection dalam meningkatkan penjualan?
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif, yaitu adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fonemena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Dari hasil temuan digambarkan deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berfikir induktif..
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa toko jt collection dalam meningkatkan penjualan menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu, product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Dari hasil penelitian menggunakan bauran pemasaran 7P. strategi yang paling dominan yaitu price (harga) yang sangat terjangkau, kemudian dari segi promotion (promosi) salah satu contoh promosi dimedia sosial seperti whatsApp dan Facebook. Dengan media sosial ini masyarat bisa mengetahui produk toko tanpa harus dating langsung.
Kata Kunci : Bauran pemasaran, marketing syariah, penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9762 |
Actions (login required)
View Item |