Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Metro

Puspitarini, Nindi (2024) Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NINDI PUSPITARINI - 2001011079 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran karena bukan hanya memindahkan sebuah pengetahuan dari guru ke siswa, namun juga menciptakan sebuah suasana yang dapat membawa siswa aktif belajar guna mencapai sebuah perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran sering kali terlihat siswa yang memiliki sikap malu dan mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru, dengan begitu dapat menimbulkan permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sangat bervariasi, ada siswa yang aktif dan ada juga yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menguji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 26.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa adanya Pengaruh Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Metro. Hal ini dapat dilihat melalui hasil thitung > ttabel dan sig < 0,05 atau 2,467>1693 dan 0,019<0,05. Besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,160 atau sama dengan 16%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel keaktifan belajar (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y) sebesar 16%. Sedangkan sisanya (100% - 16% = 84%) dipengaruhi oleh faktor lain. Hal tersebut dapat menunjukan bahwa Keaktifan Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Metro.

Kata Kunci : Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:15
Last Modified: 18 Jul 2024 00:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9765

Actions (login required)

View Item View Item