Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Promosi Penjualan Marketplace Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa IAIN Metro

Tasari, Rizki (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Promosi Penjualan Marketplace Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RizkiTasari - 2003010058 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Saat ini Indonesia sudah memiliki enam marketplace terbesar dan salah satunya adalah Shopee. Marketplace Shopee menawarkan berbagai macam kemudahan dan promosi penjualan dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Ketika konsumen tertarik maka mereka akan melakukan pembelian yang berlebih dan pada akhirnya membentuk gaya hidup konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kemudahan dan promosi penjualan memiliki pengaruh terhadap gaya hidup konsumtif.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif FEBI IAIN Metro angkatan 2020 dan 2021 yang melakukan pembelian produk fashion di marketplace Shopee minimal 2 kali dalam sebulan. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobality sampling dengan metode sampling kuota.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif. Hal ini telah dibuktikan pada analisis uji t yang diperoleh nilai sig sebesar 0,194 > 0,1 dan nilai t hitung 1,593 < 1,662. Promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif. Hal ini telah dibuktikan pada analisi uji t yang diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,1 dan nilai t hitung 3,947 > 1,662. Persepsi kemudahan dan promosi penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup konsumtif. Hal ini telah dibuktikan pada analisis uji f yang diperoleh nilai F hitung 29,267 > F tabel 2,36.

Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Promosi Penjualan, dan Gaya Hidup Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:48
Last Modified: 03 Sep 2024 01:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9767

Actions (login required)

View Item View Item