Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Interaksi Edukatif Di SMP Islam Purbolinggo

Rahmawati, Anas Lutfiana (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Interaksi Edukatif Di SMP Islam Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANAS LUTFIANA RAHMAWATI - 2001010003 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh ada atau tidaknya interaksi edukatif yang diciptakan. Interaksi edukatif merupakan sebuah interaksi yang dapat menghasilkan perubahan bagi siswa. Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran apalagi dalam menciptakan interaksi edukatif. Untuk membangun interaksi edukatif dalam proses pembelajaran, guru hendaknya melaksanakan semua perannya dengan baik sehingga mampu membuat siswa untuk belajar dengan sungguh dan memiliki perubahan menjadi lebih baik. Sesuai dengan permasalahan yang ada bahwa siswa belum mampu melakukan interaksi edukatif dalam pembelajaran, padahal guru PAI sudah menggunakan berbagai metode dan berusaha mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran, tetapi masih banyak siswa yang kurang aktif dan tidak merespon pembelajaran serta kurang berani untuk mengajukan pertanyaan apabila belum memahami materi yang disampaikan. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Interaksi Edukatif di SMP Islam Purolinggo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII sebanyak 5 orang,sedangkan sumber data sekunder adalah Kepala Sekolah. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI sangatlah penting untuk mendukung dan berperan aktif dalam membangun interaksi edukatif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat di lihat dengan keikut sertaan atau keterlibatan guru PAI untuk mengajak dan mengarahkan siswa untuk berinteraksi pada saat proses pembelajaran. Peran guru PAI sudah cukup baik melalui peran sebagai sumber belajar dan fasilitator, pengelola, pemimpin, pembimbing, demonstrasi, motivator dan evaluator.Dengan melakukan peran tersebut guru dapat memberikan perubahan dan membangun interaksi edukatif dengan siswa.

Kata Kunci :Peran, Guru PAI & Interaksi Edukatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:32
Last Modified: 15 Jul 2024 02:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item View Item