Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Melalui Mutu Pelayanan Di Bank Syariah Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo, Kab. Lampung Selatan

Sundari, Indah (2024) Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Melalui Mutu Pelayanan Di Bank Syariah Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo, Kab. Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Indah Sundari - 1903021035 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan adalah faktor utama selain produk dalam mendukung keberhasilan sebuah perusahaan, pelayanan yang baik akan berdampak kepada perusahaan juga, Setiap nasabah tentu akan senang jika dilayani dengan baik, keramahan serta selalu tersenyum dalam menyambut nasabah merupakan point terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pegawai/karyawan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah maupun calon nasabah demi tercapainya suatu kepuasan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mendapatkan data melalui observasi dan wawancara langsung kepada beberapa Nasabah, Costumer Service dan Marketing BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo sebagian data juga diperoleh dari literature seperti browser, bersumber dari intansi terkait dokumentasi-dokumentasi informasi pelengkap. Kemudian setelah data terkumpulkan maka dapat diolah dan dianalisis berkaitan dengan permasalahan yang ada.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo memberikan kepuasan bagi nasabah. Hal tersebut ditunjukkan melalui 5(lima) faktor yaitu, Tangible (bukti fisik) berupa lokasi kantor dan fasilitas ruang tunggu merupakan point yang sangat diperhatikan. Realibility (kehandalan) kemudahan prosedur pelayanan seperti transaksi perbankan diberikan secara cepat dan tepat. Responsiveness (daya tanggap) diberikan melalui respon yang tanggap terhadap kebutuhan nasabah, memabantu nasabah yang mengalami kesulitan mengisi Slip, mengarahkan nasabah ke BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Assurance (jaminan) terdiri dari beberapa komponen seperti komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompotensi dan sopan santun. Empaty (empati) memberikan perhatian dengan berupaya memahami keinginan nasabah.

Kata Kunci : Strategi Pelayanan , dan Mutu Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:23
Last Modified: 16 Jul 2024 06:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9776

Actions (login required)

View Item View Item