Fitriana, Destika Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint (PPT) Interaktif Berbasis Kontekstual Pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DESTIKA PUTRI FITRIANA - 2001061005 - TMTK.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Pengembangan ini di lakukan karena bahan ajar yang belum maksimal dan masih belum ada pengembangan powerpoint interaktif dengan pendekatan kontekstual di SMP N 5 Batanghari Nuban Satap. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap hasil pengembangan media pembelajaran powerpoint (PPT) interaktif berbasis kontekstual pada materi operasi hitung aljabar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisis desain, uji coba produk dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Batanghari Nuban Satap. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket penilaian oleh ahli materi dan ahli media dan angket respon peserta didik.
Hasil dari penilaian ahli media di peroleh skor 79 dengan nilai rata-rata 3,75 termasuk dalam kategori “valid”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor keseluruhan yaitu 154 dengan nilai rata-rata 4,28 termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil respon peserta didik memperoleh skor 1004 dengan nilai rata-rata 4,17 termasuk kedalam kategori “praktis”. Maka dapat di simpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint (PPT) interaktif berbasis kontekstual pada materi operasi hitung aljabar sudah layak dan praktis untuk di gunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Powerpoint Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Operasi Hitung Aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:06 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9777 |
Actions (login required)
View Item |